all about technology

Konfigurasi Webserver Debian 6 Squeeze

Konfigurasi Webserver Debian 6 Squeeze   Tutorial Webserver Lengkap Dengan PenjelasanKita akan melanjutkan tahap ke-4 , yaitu Konfigurasi Web Server pada Debian 6.0.6 yang akan saya uploud lagi tutorialny, yang telah saya bikin.dan seperti biasa saya akan menjelaskan sedikit tentang webserver. tapi sepertinya webserver mungkin hampir semua orang tau atau pernah dengar .
Apa itu Web Server?
Webserver adalah Suatu server yang memberikan layanan (service) kepada klien yang meminta informasi berkaitan dengan web. dan salah satu software server yang saya gunakan untuk membuat webserver yaitu Apache , tetapi selain itu masih banyak lagi seperti Iss,Xitami dan lain lain.

Web Server merupakan sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. itulah pengertian web server sebenarnya. dalam bentuk sederhana web server akan mengirim data HTML kepada permintaan web Browser sehingga akan terlihat seperti pada umumnya yaitu sebuah tampilan website.

Cara Kerja Apache Web Server
  1. Cara kerja Web Server Apache sebagaimana seperti mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.
  2. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangan mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

Kelebihan Web Server Apache :
  1. Apache termasuk dalam kategori freeware. 
  2. Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibandingkan web server lainnya. 
  3. Mampu beroperasi pada berbagai paltform sistem operasi(SO).
  4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache hanya mempunyai empat file konfigurasi. 
  5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya. 

Kekurangan Apache :
beberapa kekurangan dari Apache adalah :
  1. web server Apache tidak memiliki kemampuan mengatur load seperti IIS, sehingga akan terus mem-fork proses baru hingga nilai MaxClients tercapai atau hingga batas yang diizinkan oleh OS. Ini tentunya menguntungkan penyerang karena habisnya RAM akan lebih cepat tercapai. 
  2. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses. 
  3. Terganggunya proses upload data, yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk. Dengan celah tersebut, hacker dikabarkan dapat mengeksploitasi kerentanan dengan cara mengirimkan request pada server Apache bersangkutan. Versi yang cacat tersebut adalah seluruh generasi Apache 1.3 dan versi 2 hingga 2.0.36. Server yang diserang hacker memanfaatkan kelemahan ini akan mengalami DoS, alias server itu tak bisa diakses. Dalam sejumlah kasus, penyerangnya dapat menjalankan pilihan kodenya.

Silahkan download tutorial disini:


Download Button/

Tag : debian, Linux
0 Komentar untuk "Konfigurasi Webserver Debian 6 Squeeze"

Back To Top