all about technology

Konfigurasi Proxy Debian 6 Squeeze




    Selanjutnya nih saya akan membahas mengenai tahap ke-5 dalam tutorial yang saya buat yaitu Proxy , Konfigurasi Proxy ini mudah mudah gampang karna membutuhkan ketelitian agar tidak ada command yang salah saat mengkonfigurasi.




Pertanyaanya , Apa sih  Proxy Server itu?

Proxy Server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara jaringan lokal(komputer) dengan internet. Disamping itu juga proxy server bisa menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungkan komputer kita dengan jaringan luar.


Konfigurasi Proxy Debian 6 Squeeze
Apa Fungsi Utama Proxy Server?
Proxy Server dalam suatu jaringan memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai Connection Sharing , Filtering , dan Caching.

Pengertian singkat dari ketiga fungsi utama itu :
Connection Sharing sebagai Gateway (1 ip public bisa digunakan banyak user).
Filtering sebagai pengamanan atau pembatas  hak akses dari klien jaringan private (firewall).
Caching sebagai suatu cara untuk menyimpan hasil permintaan object-internet(seperti data http,ftp dll)
dengan kata lain klien dapat mendapatkan layanan data yang sudah tersimpan pada proxy server.

Jika di terapkan untuk komunikasi data di internet proxy mempunya 3 peran utama yang paling sering di pakai, diantaranya :
  1. Caching
  2. Filtering
  3. Connection Sharing

Untuk jaringan skala besar mungkin ketiga fungsi di atas akan sering di gunakan, tetapi untuk jaringan sekali kecil seperti warnet mungkin proxy akan banyak dijadikan sebagai Caching server. karena minimnya bandwith akan sangat berpegaruh dengan kestabilan pengguna warnet tersebut. untuk meminimal nya di gunakan lah proxy server agar intraksi client di warnet tersbut tidak langsung keserver utama, melainkan melalui prantara si proxy tersebut.

Proxy dalam pengertiannya sebagai perantara, bekerja dalam berbagai jenis protokol komunikasi jaringan dan dapat berada pada level-level yang berbeda pada hirarki layer protokol komunikasi jaringan. Suatu perantara dapat saja bekerja pada layer Data-Link, layer Network dan layer Transport, maupun layer Aplikasi dalam hirarki layer komunikasi jaringan menurut OSI. Namun pengertian proxy server sebagian besar adalah untuk menunjuk suatu server yang bekerja sebagai proxy pada layer Aplikasi, meskipun juga akan dibahas mengenai proxy pada level sirkuit.

Dalam suatu jaringan lokal yang terhubung ke jaringan lain atau internet, pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan bial tidak ada garis batas yang jelas jaringan lokal dan internet.

Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing). Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.

Perfomar suatu network akan lebih sempurna jika proxy pada network tersebut bisa berjalan dengan baik.Untuk kedepan nya mungkin saya akan menjabarkan secara rinci cara instal proxy dengan menggunakan ubuntu server.agar teman teman bisa menerapkan nya di kantor,warnet atau pun di implementasikan di network yang lain.

Silahkan Download tutorial disini:
Download Button
Tag : debian, Linux
0 Komentar untuk "Konfigurasi Proxy Debian 6 Squeeze"

Back To Top