all about technology

Konfigurasi DNS Server Debian 6 Squeeze


  Sekarang Saya Akan menguploud tutorial debian selanjutnnya, pada tahap ke-3 ini kita akan Konfigurasi DNS Server .


Apa itu DNS Server ?

DNS Server Kependekan dari Domain Name System yang fungsinya menterjemahkan TCP/IP menjadi nama Domain , untuk memudahkan pengguna mencari nama komputer , dirangkai yang menggunakan TCP/IP.
Konfigurasi DNS Server Debian 6 Squeeze

Pengertian DNS (Domain Name System) merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.

DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

DNS adalah (Domain Name System) yang juga memiliki arti untuk mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik dalam suatu jaringan Internet yang menggunakan bantuan sistem protokol internet adress untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan begitu juga sebaliknya.

Domain Name System ini merupakan sistem penamaan hirarkis yang nantinya didistribusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi.

DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia.

Cara Kerja DNS Server
Flowchart DNSAlur DNS Server
DNS menggunakan relasi client – server untuk resolusi nama. Pada saat client mencari satu host, maka ia akan mengirimkan query ke server DNS. Query adalah satu permintaan untuk resolusi nama yang dikirimkan ke server DNS.
  1. Pada komputer Client, sebuah program aplikasi misalnya http, meminta pemetaan IP Address (forward lookup query). Sebuah program aplikasi pada host yang mengakses domain system disebut sebagai resolver, resolver menghubungi DNS server, yang biasa disebut name server.
  2. Name server meng-cek ke local database, jika ditemukan, name server mengembalikan IP Address ke resolver jika tidak ditemukan akan meneruskan query tersebut ke name server root server.
  3. Terakhir barulah si client bisa secara langsung menghubungi sebuah website / server yang diminta dengan menggunakan IP Address yang diberikan oleh DNS server.



Silahkan download tutorial disini:


Download Button

Tag : debian, Linux
0 Komentar untuk "Konfigurasi DNS Server Debian 6 Squeeze"

Back To Top