all about technology

Konfigurasi Web Mail Debian 6 Squeeze

Selanjutnya , sambungan dari Mail Server yaitu Web Mail yaitu tahap ke-7 dari tutorial yang saya buat . Pasti kalian sudah tahu apa itu Web Mail karna dari namanya saja sudah mencerminkan artinya.
Konfigurasi Web Mail Debian 6 Squeeze
Apakah Arti Web Mail ?

Web Mail Adalah Sarana yang memungkinkan Klien dapat mengakses e-mail melalui web dalam kata lain web mail server adalah interface sebuah e-mail yang berada didalam web sehingga jika membuka e-mail tersebut kita harus membuka web terlebih dahulu dengan koneksi internet dan ini berbasis web.
Manfaat menggunakan web mail email yaitu email yang kita kirim akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi lain seperti Outlook Express, Mozilla’s Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu. dan Salah satunya kerugian kita mengakases email lewat webmail adalah harus terhubung dengan koneksi internet jika ingin mengecek atau membaca email di akun pengguna itu sendiri.

Keunggulan menggunakan web mail : kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail, kita bisa menggunakan fitur – fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo. 


Keunggulan menggunakan web mail ialah kita bisa nyaman untuk mengirim surat, tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan dan Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Selain itu pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.Web mail pastinya sudah sangat dikenal dan digunakan banyak orang di dunia ini. Dengan web mail kita dapat saling berkirim email dengan teman, atau ke alamat email tertentu. Selain mengirim email dalam bentuk teks, kita juga dapat mengirim email berupa file, dll. Dengan web mail kita bisa berkirim dan menerima email dengan siapapun, kita juga bisa mengirim email dalam bentuk teks dan lain-lain.Manfaat WebMail adalah untuk mengoperasikan e-mail account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah di buat melalui cPanel. WebMail sesuai digunakan apabila Alamat e-mail kita harus bisa diakses beberapa orang sekaligus. Misalkan e-mail kontak utama perusahaan dimana terdapat beberapa orang yang dapat mengakses dan menjawab e-mail yang masuk. webmail : kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari sekolah, warnet, rumah, luar kota, atau dari tempat lain, terserah kita. Yang penting, komputer yang kita pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail server tertentu, bukan di komputer pribai kita. Dan prosesnya lumayan rumit.


 webmail : untuk zaman sekarang mungkin istilah webmail sudah tidak asing lagi, selain kita dapat berkirim dan menerima email berupa text, kita juga dapat mengirim dan menerima email berupa, file, gambar, document, dll. 


Webmail : Untuk manfaat webmail ini, kita dapat bertukar pesan maupun untuk bertukar file. untuk webmail kita membutuhkan beberapa aplikasi browser untuk membuka webmail. kemudian membuka website untuk mail nya. dan jika koneksi internet tidak ada maka webmail tidak akan bisa di akses jika webmail yang di akses harus terhubung ke internet. 


Webmail : Manfaat wabmail adalah kita bisa saling bertukar pesan maupun berupa file. Membuka Wabmail kita bisa menggunakan browser seperti opera mini. webmail bisa berjalan ketika coneksinya internetnya lancar, dan prosesnya juga lumayan rumit. 


Webmail : Memungkinkan kita untuk mengelola e-mail dari mana saja, yang penting computer kita harus memiliki akses internet. Webmail bisa di akses melalui browser seperti firefox, Internet Explorer, Opera dan lain-lain. Kita tidak perlu menginstall software mail client di computer.Pada webmail terdapat kelemahan seperti, Sangat tergantung terhadap akses internet. Selama mengelola e-mail, kita harus terkoneksi terus ke internet, kalau tidak maka prosesnya akan terhenti, dan Kita akan khawatir masalah kuota nya. 


web mail : kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari kantor, warnet, rumah, luar negeri, rumah tetangga, atau dari tempat lain, terserah Anda. Yang penting, komputer yang Anda pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail server tertentu, bukan di komputer pribadi Anda, dan untuk mengoperasikan e-mail account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah Anda buat melalui cPanel. 

webmail: untuk webmail kita membutuhkan beberapa aplikasi browser untuk membuka webmail dan jika koneksi internet tidak ada maka webmail tidak akan bisa di akses jika webmail yang di akses harus terhubung ke internet.
Silahkan download tutorial disini:


Download Button

Tag : debian, Linux
0 Komentar untuk "Konfigurasi Web Mail Debian 6 Squeeze"

Back To Top