all about technology

Perangkat Keras Yang Harus Diketahui

Adapun perangkat yang digunakan untuk membuat sebuah Jaringan Komputer seperti:

  • NIC
  • Modem
  • Hub
  • Switch
  • Router
NIC
NIC

NIC(Network Interface Card) adalah perangkat yang dipasang pada motherboard yang menyediakan port untuk dihubungkan dengan jaringan menggunakan kabel. Sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan (LAN).

MODEM
Modem Dlink
Modem bersal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya miodem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem" seperti VSAT,Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangat keras yang sering digunakan untuk komunikasi data pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem yang tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Router
Router Cisco
Router sering digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya. Router juga digunakan untuk membagi network besar menjadi beberapa buat subnetwork (network-network kecil). Setiap subnetwork seolah-olah "terisolir" dari network lain. hal ini dapat membagi-bagi traffic yang akan berdampak positif pada performa network.

Sebuah router memiliki kemampuan routing. Artinya router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (yang disebut packet) akan dilewatkan. Apakah ditujukan untuk host lain yang  satu network atau berbeda network.


Bridge
Bridge

Bridge atau transparent bridge  merupakan perangkat network yang dugunakan untuk menghubungkan dua buah LAn(Local Area Network) atau membagi sebuah LAN menjadi dua buah segmen. Tujuannya adalah untuk mengurangi traffic sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan performa network.


Switch/concentrator
Switch
Switch dan bridge itu sama. Switch adlah bridge yang memiliki banyak port, sehingga disebut sebgai multiport bridge. Switch berfnngsi sebagai sentral atau konsentrator pada sebuah network. Switch dapat mempelajari alamat hardware host tujuan, sehingga informasi beruoa data bisa langsung dikirim ke host tujuan.

Hub
S-Hub
Hub mirip dengan switch. Namun, hub tidak secerdas switch. jika switch mengirim suatu informasi tersebut kesemua host. Konfisi seperti ini menyebabkan beban traffic dentwork berskala kecil, seperti network di Lab.Komputer. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat dari pada switch. Hub dan Switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.
Tag : Linux, Router
0 Komentar untuk "Perangkat Keras Yang Harus Diketahui"

Back To Top